Senin, 15 Oktober 2012

Ikan Lele dan Solusi WC Mampet


Pernahkah kawan mendengar ide seperti judul artikel ini, saya juga agak heran dan terperangah ketika mendengar ide tersebut diatas untuk sebuah solusi wc mampet yang mendera kawan kawan blog ini. Mungkin secara teori ilmiah tidak ada bukti yang mendukung dengan penggunaan ikan lele sebagai solusi mengatasi solusi tersumbatnya wc yang ada di rumah kita. Apa ada sangkut pautnya dengan makanan yang selama ini di makan oleh ikan lele sehingga terbesit lah ide untuk menggunakan ikan lele untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan luasnya saluran dan besarnya tampungan limbah domestik apa dapat mengatasi secara seketika yah.


Saya pernah mencoba waktu itu cukup memasukkan seekor ikan lele ke dalam lubang wc sehingga ikan tersebut akan secara langsung masuk ke bak penampungan limbah air kotor. Setelah beberapa lama dan mulai ada bau yang menyengat di dalam kamar mandi, yang biasanya merupakan tanda tanda tersumbatnya saluran air kotor. Efektifitas dari penggunaan ikan lele untuk memberikan solusi wc mampet sepertinya kurang efektif. Atau bias, juga apa karena saya hanya memasukkan satu ekor mungkin kalau beberapa ekor apakah ada pengaruh yang signifikan. Secara logika ketika kita menyedot wc maka ikan tersebut akan ikut tersedot ke dalam tangki penyedot limbah domestik.

Semakin menarik bukan untuk membahas mengenai solusi wc mampet dengan menggunakan ikan lele. Satu sisi ikan lele tersebut senang karena akan puas memakan makanan kesukaan mereka tetapi dari sisi lain apakah dengan kondisi ini akan mempengaruhi perkembangan ikan lele tersebut. Ah sudah semakin jauh saja saya berfikir. Sebagian kawan yang akan membaca artikel ini pasti akan tertawa tawa karena memang sepertinya bukan sebuah solusi yang bijaksana untuk menggunakan mahluk hidup seperti ikan untuk mengatasi wc yang mampet. Padahal mungkin banyak solusi lain yang lebih sederhana dan lebih ilmiah untuk mengatasi masalah ini. Nah apabila kawan ada sebuah ide silahkan dan jangan ragu untuk berbagi dengan saya cukup tulis ide anda lewat kolom komentar yang tersedia.   

1 komentar:

  1. maksudnya pipa saluran wc nya yang mampet ,sehingga air dan kotoran kita tidak bisa masuk kedalam septictank , mungkin tersumbat kotoran atau ada yang memasukan softek sehingga salurannya menjadi mampet , nah,,,,,! ini yang masuk akal untuk mengatasinya dengan ikan lele yang agak besar , caranya masukan ikan lele dengan kepala terlebih dahulu kedalam closet setelah masuk semua kemudian siram dengan air panas sedikit aja agar ikan lelenya kepanasan dan kemudian ikan lele tersebut akan lari dan mendorong dorong kotoran dan sampah yang mampet tersebut , semakin lama semakin jauh dan akhirnya sampai masuk kedalam septictank , dan ikan lele bersama kotoran dan sampah nyemplung keseptictank dan tak lama ikan lelepun mati , karena didalam septictank tak ada oxigen melainkan ada gas methan dan banyak bakteri pengurai mikroba yang dapat mematikan ikan lele tersebut, ini kenyataan lho...saya sudah pernah berexperimen dengan ikan lele dan berhasil ...gak percaya ? coba dulu sebelum anda menyangkal...!

    BalasHapus