Jumat, 19 Oktober 2012

Mikro Organisme sebagai Solusi WC Mampet


Setelah saya mencoba membahas kegunaan garam dan juga  soda api sebagai solusi wc mampet, sekarang ini saya akan mencoba membahas sebuah solusi untuk mengatasi mampet nya wc yang disebabkan oleh tersumbat nya aliran air wc kita karena adanya kotoran yang menumpuk sehingga menyebabkan wc tersumbat. Selain menimbulkan ketidak nyamanan kondisi ini juga dapat mempengaruhi kesehatan kita sendiri karena dapat menyebabkan dan timbulnya penyakit penyakit karena masalah kotoran manusia yang tidak segera di atasi. Salah satu solusi yang ada adalah dengan penggunaan Jasad renik atau mikro organisme dalam memberi solusi untuk mencegah wc menjadi mampet dan sebagai pengurai bagi kotoran manusia yang tertampung di dalam sepitank di rumah rumah.

Mengapa Jasad renik atau mikro organisme  dapat memberikan solusi wc mampet bagi kita, karena Jasad renik atau mikro organisme  adalah mahluk hidup yang terdiri dari satu atau beberapa kumpulan sel dengan ukuran beberapa micron. Fungsi mikro oragnisme ini berfungsi  di dalam proses biokonversi yaitu membuat perubahan senyawa organik menjadi  senyawa organik yang lebih bermanfaat. Nah kita menggunakan Jasad renik atau mikro organisme  akan memudahkan proses penguraian kotoran kotoran manusia yang ada di dalam wc maupun yang tertampung dalam sepitank. Sehingga dapat mengatasi limbah limbah organic yang ada di sekitar kita.

Seperti kita ketahui bahwa pada dasarnya kotoran manusia sudah memiliki atau mempunyai kandungan berupa bakteri pengurai di dalam nya. Tanpa adanya bantuan organisme lain proses penguraian kotoran manusia dapat dilakukan oleh bakteri ini. Karena kemampuan bakteri dalam proses mengurai tinja, membutuhkan waktu tiga hingga empat hari. Sedangkan proses pembuangan yang dilakukan oleh manusia bisa berkali kali dalam sehari. Dapat di bayangkan betapa tidak seimbang nya proses penguraian alami yang di lakukan bakteri dengan proses pembuangan manusia. Nah untuk membantu menguraikan kotoran manusia tersebut maka di butuhkan tambahan mikro organisme lain untuk dapat mengatasi dan memberikan solusi wc mampet. Selain itu juga dapat mengurai beban penampungan wc oleh sepitank sehingga proses penyedotan wc oleh jasa sedot wc dapat kita hindari.

2 komentar: